Pengantar Teknologi Sistem Cerdas


Teknologi Kecerdasan Buatan Perusahaan Otomotif
Toyota Concept-I Series



Latar Belakang
Membicarakan teknologi seakan tidak ada habisnya. Perkembangan teknologi yang sangat pesat dari waktu ke waktu, memberikan dampak dan manfaat yang besar di berbagai bidang salah satunya adalah perusahan otomotif. Penggunaan alat transportasi seperti mobil atau motor tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Alat transportasi seolah-olah sudah menjadi keluarga sendiri yang selalu setia menemani kita setiap harinya. Hal ini mengakibatkan perusahaan otomotif berlomba-lomba untuk memproduksi mobil atau motor dengan desain dan kualitas terbaru. Belum lama ini pada tanggal 2-12 Agustus 2018 kemarin, perusahaan otomotif Toyota mengenalkan buatan mobil terbarunya yang diberi nama “Toyota Concept-I Series” di pameran otomotif akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ICE BSD City yang bertemakan “Empowering Mobility, Beyond Possibility”. Mobil tersebut di prediksi akan menjadi mobil masa depan, dikarenakan mobil tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence, dapat dikatakan mobil tersebut mampu berfikir layaknya seorang manusia.

Pengenalan Toyota Concept-I Series
Perusahaan otomotif Toyota mengenalkan buatan mobil terbarunya yang diberi nama “Toyota Concept-I Series”. Mobil buatan Toyota tersebut sudah dilengkapi dengan kecanggihan Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan). Dengan memasangkan kamera yang diletakkan di dashboard,  mobil tersebut dapat membaca perasaan atau mood si pengemudi dengan mengenali ekspresi muka, gerak tubuh, dan intonasi bicara,  apakah sedang sedih, bahagia, marah, atau kelelahan. Kemudian mobil tersebut akan merespon, misalnya saat si pengemudi sedang dalam keadaan sedih maka mobil tersebut akan memberikan konten hiburan yang disukai si pengemudi.
Terdapat 3 model Toyota Concept-I Series, yaitu I-Ride, I-Walk, dan Concept-I.

  • I-Ride,
     

Ini adalah model terbaru dari konsep mobil masa depan buatan Toyota. Namun untuk model I-Ride ini memiliki dimensi yang sangat kecil yaitu panjang hanya 2.500 mm, tinggi 1.500 mm, dan lebar 1.300 mm. Berbeda dengan mobil pada biasanya, Toyota I-Ride ini mengandalkan joystick untuk lebih memudahkan si pengemudi dalam pengoperasian setir, pedal rem, serta gas.


  • I-Walk,
     

Mobil ini mirip seperti Segway. Seperti namanya “I-Walk”, mobil ini dirancang agar dapatdigunakan di area pedestrian/pejalan kaki. Mobil ini dilengkapi dengan fitur keselamatan dan keamanan dimana mobil ini dapat mendeteksi bahaya dengan cara memberikan peringatan dan menghindari objek yang membahayakan laju mobil.


  • Concept-I,


Mobil ini memiliki desain interior dan eksterior yang modern. Selain desain yang modern, mobil ini mampu memahami perasaan si pengemudi. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, apabila si pengemudi sedang dalam keadaan sedih maka mobil tersebut akan memberikan konten hiburan kepada si pengemudi. Untuk model ini juga dilengkapi dengan fitur sistem kemudi autonomos yang dipadukan dengan sistem keselamatan yang memadai.

 
Bukan hanya memiliki desain interior dan eksterior yang modern, tetapi teknologi yang ada pada mobil tersebut sehingga dapat memberikan keamanan dan kenyamanan dalam mengendarai mobil.
Simak video berikut ini :

Visi dan Misi Perusahaan
Ide utama dari mobil pintar ini yaitu untuk memberikan pengalaman mengemudi, karena sudah terintegrasi dengan artificial intelligence system diharapkan dapat mengantisipasi kebutuhan masyarakat, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kemudian pihak Toyota menyebutkan bahwa jantung dari mobil pintar ini ialah sistem AI yang canggih dengan kemampuan kendaraan sehingga dapat membangun hubungan yang manusia dengan si pengemudi. 

Teknologi yang digunakan dalam Concept-I Series
Mobil Toyota Concept-I Series ini bisa dikatakan menjadi mobil masa depan yang dibutukan masyarakat, karena kemampuannya melayani si pengemudi dalam bertransportasi dengan menggunakan teknologi artificial intelligence (AI), autonomous driving yaitu mampu melajukan kendaraan tanpa harus ada yang mengemudi, sera teknologi “Yui” yaitu pengemudi dapat berinteraksi langsung dengan Yui mengenai akses fitur seperti pengoperasian audio, akses navigas, dsb. Untuk versi Toyota concept-I ini juga telah mengandalkan sistem kemudi autonomos dan dipadukan dengan beberapa teknologi lainnya yaitu dynamic radar cruise control (DRCC), lane trace control (LTC) dan predictive and interactive human machine interface (HMI).

Kesimpulan :
Mobil Toyota Concept-I Series ini diproduksi oleh PT Toyota Astra Motor (TAM), memiliki keunggulan teknologi yang berbeda dengan mobil pada biasanya. Toyota Concept-I Series ini sudah terintegrasi dengan teknologi AI sehingga mobil ini mampu membaca perasaan atau mood si pengemudi. Bukan hanya itu, mobil ini juga dapat mendeteksi bahaya dalam berkendara dengan cara memberikan peringatan. Mobil ini pun di lengkapi dengan beberapa teknologi canggih seperti teknologi “Yui” serta autonomous driving.

Referensi :
https://www.toyota.astra.co.id/toyota-connect/news/ini-deretan-mobil-konsep-toyota-concepti-series-yang-siap-dipajang-di-giias-2018

Comments