INOVASI SI & NEW TECHNOLOGY

GOOGLE MAPS


Kehidupan manusia tidak jauh dengan hal berpergian, ntah itu hanya sekedar ke kantor, ke sekolah, ke kampus, ke rumah teman ataupun ke supermarket. Tapi tahukah kamu, ada berbagai banyak jalan menuju tempat yang kita tuju. Apabila jalan tersebut macet dan berliku-liku pasti memerlukan waktu yang lebih lama, namun bagaimana jika seseorang sedang mengejar waktu tetapi jalan yang ia lalui macet? Pasti dari kita pernah merasakannya. Namun seiring berkembangnya teknologi, pada tahun 2004 atau sekitar 13 tahun yang lalu dua bersaudara asal Denmark, Lars dan Jens Eilstrup Rasmussen menyampaikan inspirasinya kepada Google untuk membuat suatu peta. Maka, dibuatlah tim berjumlah 50 orang untuk mengerjakan suatu aplikasi, yang kemudian dinamakan Google Maps. Google Maps pertama kali dirilis di smartphone di tahun 2007. Google maps ini menggunakan system GPS dimana membuat proses navigasi menjadi lebih mudah.
Untuk dapat menggunakan aplikasi ini sangat mudah, cukup dengan menginstall Google Maps pada smartphone, kita tidak perlu lagi repot-repot mencari jalan ke suatu tempat. Google Maps sendiri sudah banyak mengalami perubahan dalam fitur-fiturnya.


Dahulu Google Maps hanya memiliki beberapa fitur saja, sepeerti :
-         My Location
Fitur ini ditujukan untuk para penggunanya agar dapat berbagi lokasi.
-         Street view
Dimana para pengguna dapat melihat bagian kota yang dipilih
-         Traffic View
Memungkinkan para penggunanya untuk melihat arus lalu lintas
-         Walking Navigation
Untuk menunjukkan navigasi arah berupa suara dalam bahasa inggris.
-         Rate and Review Places
Dimana para pengguna dapat melihat tempat berdasarkan ulasan dan peringkat.

Itulah beberapa fitur-fitur maps yang tersedia pada versi lama.


Google maps baru saja diperbarui pada tanggal 14 desember 2017, ini merupakan versi ke 9.68.2, fitur-fiturnya pun mengalami perubahan. Berikut fitur-fitur yang tersedia pada google maps versi 9.68.2 :
-         Peta offline
Kini kita dapat menulusuri tempat, atau mendapatkan petunjuk navigasi arah tanpa adanya sambungan internet
-         Jadwal dan peta transportasi umum

Kini pada google maps sudah tersedia jadwal dan peta transportasi umum, seperti kereta, bus, dsb.
-         Informasi bisnis yang terperinci

-         Peta lantai
Memungkinkan para penggunanya untuk menemukan jalan tercepat di tempat yang luas
-         Tempat perhentian di sepanjang rute
Memungkinkan para penggunanya untuk menemukan tempat perhentian seperti SPBU, kedai kopi
-         Dapat menghindari kemacetan dengan navigasi, PWT, dan kondisi lalu lintas
Para pengguna dapat menggunakan fitur ini untuk menghindari kemacetan dan dapat melihat kondisi arus lalu lintas di setiap titik.

Berikut tampilan Google Maps dari versi ke versi :


Google Maps versi 9.31


Google Maps versi 9.67.1

Pada play store, aplikasi ini sudah dipakai oleh lebih dari 100 juta orang, dan aplikasi ini pun mendapat rate yang lumayan bagus yaitu 4,3. Dilihat dari ulasannya banyak yang memberi masukkan, dan tidak sedikit juga yang mengkomplain karena terkadang menampilkan data yang tidak akurat.
Mungkin terdapat beberapa kekurangan yang masih ada pada aplikasi ini, seperti :
  • Terkadang masih terjadi kesalahan dalam penempatan lokasi (titik biru), 
  • Street view yang kurang diperbarui, seperti terdapat bangunan baru misalnya sekolah atau rumah sakit baru namun pada aplikasi masih belum terlacak dan belum dapat ditampilkan, dan
  • Menampilkan rute yang kurang akurat, seperti pengendara mobil disarankan melewati jalur biasa yang macet, tetapi pada jalur tol arus lancar.


Kesimpulan :
Google Maps bersifat free yaitu siapa saja dapat menggunakannya. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, tidak tersambung internet pun bisa berjalan. Fitur-fitur yang disediakan pun sudah canggih, seperti peta offline, peta lantai, jadwal transportasi umum, informasi bisnis dan masih banyak lagi. Semoga kedepannya Google Maps semakin baik lagi dalam memperbaiki bug, dan juga meningkatkan fitur-fitur yang ada.


Referensi :














Comments