PERBEDAAN VIRUS DAN BAKTERI



Di dalam dunia kesehatan, ada banyak berbagai macam penyakit yang sebabkan oleh virus atau bakteri. Namun tahukah kamu, virus dan bakteri ini berbeda, lalu apa pengertian dan perbedaan dari virus dan bakteri?
 
Pengertian

Virus adalah parasit mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus bersifat parasit obligat(Parasit yang tidak bisa hidup tanpa inangnya), hal tersebut disebabkan karena virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menggunakan sel inangnya karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri.
 

Bakteri adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Organisme ini termasuk ke dalam domain prokariota dan berukuran sangat kecil (mikroskopik), serta memiliki peran besar dalam kehidupan di bumi. Beberapa kelompok bakteri dikenal sebagai agen penyebab infeksi dan penyakit, sedangkan kelompok lainnya dapat memberikan manfaat dibidang pangan, pengobatan, dan industri. Struktur sel bakteri relatif sederhana: tanpa nukleus/inti sel, kerangka sel, dan organel-organel lain seperti mitokondria dan kloroplas. Hal inilah yang menjadi dasar perbedaan antara sel prokariot dengan sel eukariot yang lebih kompleks.

 

Perbedaan

- Struktur
Bakteri sebagian besar terdiri dari cincin DNA yang dikelilingi mesin seluler. Sementara virus terdiri dari sebagian materi genetik yang dikelilingi lapisan protein tipis. Namun, ada juga yang dikelilingi amplop tipis dan juga lemak.

- Penutup
Bakteri ditutupi oleh sebuah dinding sel, dimana dinding sel tersebut terdiri dari polisakarida, lipid dan protein. Sedangkan virus ditutupi oleh sebuah selubung yang terbuat dari protein, atau dikenal juga sebagai kapsid.

- Membran sel
Untuk bakteri, hadir tepat di bawah dinding sel sementara tidak terdapat membran sel untuk virus.

- Ukuran
Bakteri memiliki ukuran yang relatif besar, yaitu sekitar 100 kali ukuran virus. Sementara virus memiliki ukuran yang sangat kecil dibanding bakteri.

- Bentuk
Bakteri datang dalam 3 bentuk, di antaranya yaitu bentuk bola (kokus), batang (basil) dan juga spiral (spirella). Sementara virus datang dalam bentuk yang berbeda-beda, untuk yang berbentuk pesawat disebut dengan bakteriofag.

- Inang
Ini merupakan perbedaan yang paling mendasar antara bakteri dan virus yang dapat Anda ketahui. Bakteri dapat hidup dan berkembangbiak pada permukaan yang non hidup. Sedangkan virus haruslah memiliki inang agar dapat berkembangbiak. 

- Jenis
Bakteri adalah orgasme antar-sel, sementara virus merupakan orgasme intraselular. 

- Kegunaan
Beberapa bakteri memiliki kegunaan atau berguna bagi tubuh, namun tidak untuk virus. Semua virus berbahaya, bahkan antibiotik yang dapat membunuh bakteri tidak mampu membunuh virus.

- Penyakit yang disebabkan
Bakteri dapat menyebabkan penyakit antara lain TBC, kolera, infeksi Staph, tetatus, radang tenggorokan dan lain sebagainya. Sedangkan virus dapat menyebabkan penyakit HIV/AIDS, pilek, flu, hepatitis, campak, polio, cacar, ebola dan lain sebagainya.

- Reproduksi
Bakteri melakukan reproduksi melalui pembelahan biner, dimana bakteri dapat dibagi menjadi 2 sel. Sementara virus dapat bereproduksi dengan menyuntikkan diri ke sel hidup

Referensi :
http://www.kuliah.info/2015/11/pengertian-perbedaan-virus-dan-bakteri.html

Comments

  1. Play Pragmatic Slots Free - Casinoland m88 m88 카지노사이트 카지노사이트 dafabet link dafabet link 857Sega Genesis Arcade Power Stick - VNOPBET

    ReplyDelete

Post a Comment