KEINDAHAN DIENG (NEGERI DI ATAS AWAN)




Dieng merupakan kawasan dataran tinggi yang terletak diantara 2 kabupaten yaitu kabupaten Wonosobo dan kabupaten Banjarnegara. Dieng dijuluki sebagai negeri di atas awan karena memiliki ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000 m di atas permukaan laut. Suhu berkisar 12—20 °C di siang hari dan 6—10 °C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0 °C di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas ("embun racun") karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian. Tapi jangan salah, dieng juga memiliki keindahan yang tidak kalah menarik, mari kita simak :

Gunung Prau

Gunung prau memiliki ketinggian 2.565 sekitar mdpl. Gunung prau ini sendiri berada di perbatasan tiga kabupaten yaitu, Kab. Banjarnegara, Kab. Wonosobo, Kab. Batang dan Kab. Kendal. Karena Bentuk gunung prau ini yang memanjang seperti perahu. 

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir Dieng merupakan bukit yang terletak di kawasan dataran tinggi Dieng yang memiliki ketinggian 2.263 mdpl. Bukit sikunir ini sendiri terletak di sebelah Timur Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Desa Sembungan sendiri merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa.

Telaga Warna


Telaga Warna berada di kawasan dataran tinggi Dieng. Nama telaga warna sendiri diberikan karena keunikan fenomena alam yang terjadi di tempat ini, yaitu warna air dari telaga tersebut yang sering berubah-ubah. Terkadang telaga ini berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni seperti pelangi. Fenomena ini terjadi karena air telaga mengandung sulfur yang cukup tinggi, sehingga saat sinar Matahari mengenainya, maka warna air telaga tampak berwarna warni. Telaga Warna berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, dan dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi yang menambah pesona keindahan alam sekitar telaga warna.

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang terbentuk dari letusan gunung berapi di kawasan Dataran Tinggi Dieng bertahun-tahun lalu. Sampai kini kawah ini masih aktif makanya jika Anda mengunjungi kawah Anda akan melihat aktivitas gunung berapi berupa lumpur vulkanik yang meletup-letup disertai gas beracun yang menepul berbentuk asap putih pekat. Kawah Sikidang Dieng terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, walaupun masih banyak yang mengatakan letaknya di Wonosobo.

Referensi :
https://wisatadieng.net/

Comments