Macam-macam aplikasi pengolah angka berbasis LINUX



Berikut adalah macam-macam aplikasi pengolah angka berbasis Linux:

1.     StarOffice Calc

StarOffice Calc merupakan aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. StarOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform, yang berarti dapat dijalankan di berbagai ontro operasi termasuk Linux, Solaris, Unix, dan Windows.

Fitur pada StarOffice Calc:
  • StarCalc mengijinkan anda untuk membuat daftar dan meng-handle konversi Euro dengan mudah dan akurat.
  • Template dengan fungsi built-in, termasuk kemampuan untuk mengkalkulasi pertukaran mata uang secara langsung dari Internet, memungkinkan anda tetap konsen dengan pekerjaan anda.
  • Anda dapat membuat formula dengan menggunakan kata-kata sebagai pengganti-perintah cryptic dan secara grafik menampilkan struktur formula.
  • Pilihan pemformatan sel yang fleksibel termasuk manipulasi isi sel secara bebas, latar belakang yang banyak, garis batas, dan laen-laen.
  • DataPilot: Secara cepat memilih sumber data dan meningkatkan pilihan layout
  • Konversi ukuran universal (metric, ukuran British, and U.S.)
  • Stocks Manager memberikan fasilitas yang berhubungan dengan saham.
  • Konverter mata uang termasuk mata uang baru dan dua worksheet: satu untuk entri data secara manual dan satu lagi untuk berhubungan dengan halaman daftar pertukaran rata-rata pada Internet yang up-to-date
  • Euro Converter AutoPilot bekerja dengan semua mata uang negara Eropa dalam Monetary Union
  • Desain theme yang dapat dengan mudah diubah.
  • Filter impor dan ekspor untuk Microsoft Excel 97/2000 men-support lebih dari fungsi ontrolc termasuk AVERAGEA, MAXA, MINA, STDEVA, STDEVPA, VARA, and VARPA

    Tampilan program StarOffice Calc :



    2.      XESS

    XESS adalah aplikasi pengolah angka yang dibuat oleh AIS (Applied Information System –http://www.ais.com) dan dapat dijalankan dikomputer dengan ontro UNIX, Linux, Open VMS dan Windows. XESS dikeluarkan dalam dua versi, yaitu versi enterprise dan versi Lite. Versi Enterprise dibuat untuk pengguna di tingkat perusahaan sedangkan versi Lite ditujukan untuk pengguna perorangan.
    Untuk penggunaan di tingkat enterprise, XESS dikeluarkan dengan tiga macam pilihan yakni XESS yang dilengkapi fungsi-fungsi standard an kompetebel dengan Lotus dan Excel, XESSPlus yang dilengkapi dengan kemampuan menggunakan Macro Add-Ins, dan XESSSDK yang dilengkapi dengan fasilitas untuk melakukan pemrograman.
    Kelamahan yang dimiliki XESS adalah harganya yang sangat mahal.
    XESS dengan fungsi standar dijual dengan harga $495 dan XESSPlus dijual dengan harga $595. Bandingkan dengan Microsoft Excel yang dijual dengan harga $229.

    Tampilan program Xess :
     


    3.      Kspread

    Kspread merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat open source dan multiplatform. Open source berarti kita dapat mendownload aplikasi secara gratis dari internet dan menggunakannya secara bebas. Multiplatform artinya dapat dijalankan di berbagai system operasi, baik itu windows, Linux, maupun system operasi lainnya. Kspread dikeluarkan bersama-sama dengan paket Koffice lainnya. Kita dapat mendownload aplikasi tersebut dari internet dengan alamat URL www.koffice.org.

    Kelebihan Kspread yaitu :

    • Tampilannya yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol sehingga mudah digunakan.
    • Dilengkapi dengan berbagai kemampuan dan fitur-fitur yang dibutuhkan dari sebuah aplikasi pengolah angka.
    •  Dilengkapi dengan kemampuan untuk menggunakan banyak table dan lembaran kerja dalam satu dokumen.
    • Mempunyai banyak format grafik.
    • Dilengkapi dengan lebih dari 100 fungsi untuk melakukan operasi perhitungan.
    • Mempunyai kemampuan untuk mengurutkan data.

    Tampilan program Kspread :



    4.      OpenOffice Calc

    OpenOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat opensource. Selain gratis, kelebihan lain dari aplikasi OpenOffice Calc adalah dapat dijalankan di berbagai platform system operasi seperti windows, linux, solaris, dan Mac OS. OpenOffice Calc didistribusikan bersama-sama dengan paket OpenOffice yang lain. Kita dapat mendownload aplikasi tersebut dari www.openoffice.org.
    OpenOffice Calc memiliki tampilan jendela yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar dan didesain untuk mudah digunakan.

    Tampilan program OpenOffice Calc :




    5.      Abs

    abs merupakan suatu program spreadsheet yang berdiri sendiri yang dapat dijalankan pada sembarang platform Unix (Linux). Program ini memiliki bahasa makro AB Visual yang kompatibel dengan Microsoft Visual Basic. Abs dapat bertukar data dengan Microsoft Excel melalui Visual Basic. Seluruh data, format, gambar, ontrol dan bagan (chart) dapat dieksport ke Microsoft Excel. Program ini didistribusikan dengan source code dibawah lisensi GPL. Program ini masih tetap dikembangkan, tetapi sudah cukup stabil untuk digunakan.

    Tampilan program Abs :





    Referensi :



Comments