Fitur-fitur LINUX



Sistem Operasi Linux 


 



Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.

Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment)
Banyak orang mengira atau beranggapan bahwa sistem operasi Linux ini tidak semudah sistem operasi Windows. Anggapan-anggapan ini membuat system operasi ini kurang dinimati pengguna. Apa saja kelebihan dan kekurangan OS Linux? Lihat penjelasan di bawah ini :


Kelebihan Linux antara lain:

Bersifat Free atau Open-Source 
Berbeda dengan Sistem operasi Windows yang bersifat komersial, sistem operasi Linux bersifat gratis tanpa memerlukan serial key sehingga anda tidak perlu takut terkena razia software terlebih bagi perusahaan-perusahaan.

Security Lebih Tangguh 
Sistem keamanan pada Linux lebih baik dari Windows. Sebagian besar virus komputer tidak bisa menyerang sistem operasi Linux. Selain itu Linux menjalankan proses / perintah akses lebih baik daripada Windows.

Maintenance Yang Minimal 
Linux tidak memerlukan banyak maintenance seperti halnya Windows. Linux tidak memerlukan fasilitas defragment dsb.

Komunitas Yang Solid
Linux memiliki komunitas yang solid di dunia maya dengan keinginan untuk saling berbagi tips, masukan, ide dan kreativitas satu sama lainnya dengan kemampuan untuk memecahkan masalah yang baik. 
 
Minim Crash dan Error 
Sistem operasi Linux sangat jarang terjadi Crash atau error seperti halnya Windows. Linuxtidak dapat membuat sistem anda unusable seperti yang sering di temukan di Windows. Program yang dijalankan diatas Linux sangat stabil.

Dukungan Format File
Linux dapat membaca beratus atau banyak jenis format file seperti halnya Windows. Bila anda selalu menggunakan software kantor seperti Microsoft Office, maka dapat menggunakan software lain sejenisnya yaitu Open Office. 

Sistem Operasi Pada SuperComputer
Sebagian besar superComputer menggunakan Linux sebagai sistem operasi mereka karena kestabilan dan performanya yang sangat baik.

Memiliki berbagai macam pilihan 
Sistem operasi Linux memiliki berbagai macam pilihan, seperti : Suse, Ubuntu, Debian dan lain-lain. Sebab sistem operasi Linux memiliki pengembang dan komunitas diberbagai belahan dunia.


Resource lebih kecil
Sistem operasi Linux membutuhkan Resource yang lebih kecil. Hal ini membuatnya kompatibel untuk PC berspesifikasi minim atau kecil. Berbeda dengan Windows yang terkadang meminta System requirements yang tinggi. 

Memiliki fitur hacking
Sistem operasi Linux lebih banyak digunakan para Hacker. Ini karena terdapat beberapa Linux yang memiliki fitur hacking seperti Hide IP, VPN, Proxy dan lain-lain  


Bebas biaya 
Linux dapat membantu Anda menghapus spam tanpa biaya. Bahkan, Spam Assassin - salah satu yang paling populer open source anti-spam system - adalah dasar dari banyaknya komersial produk anti-spam. Kontras oleh produk seperti Symantec Mail Keamanan adalah sekitar $ 30/mailbox. Layanan seperti MessageLabs juga biaya per surat.

Bersifat Multi user
Anda dapat memiliki banyak ratusan semua pengguna Linux yang bekerja di salah satu sistem. Sedangkan Windows Terminal Services menawarkan tapi tidak standar, dan ada yang ekstra lisensi per pengguna.

Tidak reboot setelah selesai Update / Install Software
Pada Sistem Operasi Windows ketika selesai Update Antivirus dan Instal software seringnya meminta untuk Restart/reboot bahkan Restart secara Otomatis (Windows memaksa untuk meng-Update Systemnya). Tetapi Linux tidak reboot dengan sendirinya (Otomatis)

Terdapat fitur Distro Linux  
Anda dapat membuat sendiri distro Linux jika Anda inginkan. Distro Linux (Singkatan dari distribusi Linux) adalah sebutan untuk sistem operasi komputer dan aplikasinya, merupakan keluarga Unix yang menggunakan kernel Linux.

Menggunakan bahasa scripting
Linux sangat kuat bahasa scripting yang memberikan kekuatan besar untuk sistem administrator.

Linux lebih bertahan dibandingkan dengan Windows
Proyek honeypot menemukan bahwa sebuah unpatched Linux server dapat lebih bertahan jika terkoneksi dengan Internet.sementara patch Windows' server akan bangkrut dalam waktu beberapa jam.Bahkan tanpa patch, Linux masih lebih baik daripada Windows.

An out-of-the-box pada Linux
An out-of-the-box sistem Linux dapat digunakan untuk yang jauh lebih besar dari berbagai kepentingan yang out-of-the-box sistem Windows. Anda akan mail server, web server, database server, dan file-print server, intranet server, remote akses server, VPN server, server FTP - apapun yang Anda inginkan, benar-benar.

Tidak ada batasan penggunaan konten
Linux tidak membatasi bagaimana konten digunakan pada sistem. Tidak ada manajemen hak digital (DRM) perlambatan bawah komputer atau menyebabkan konflik dengan hardware atau software. Tinggi kualitas audio visual keluaran tidak artificially direndahkan. Dengan Linux anda dapat memutar musik, menonton film dan menjalankan perangkat lunak. Sistem operasi tidak akan terganggu dengan adil-hak untuk menggunakan konten Anda sendiri.

Linux masih tetap ada
Linux tidak akan mati karena open source dan Free.Tidak seperti Sistem Operasi yang Lain.Maaf Y Vendor yang OS yang telah Tutup BeOS, AmigaOS.

Terdapat khusus suite pada Linux
Pada Linux Anda mendapatkan khusus suite yang berisikan pendidikan dan permainan. Windows versi ini tidak dikembangkan, dan harus membeli Licensi.

Memiliki perangkat lunak tersendiri
Linux memiliki koleksi perangkat lunak tersendiri yang sangat lengkap untuk keperluan desktop, laptop dan server. Jika perangkat lunak yang tersedia terasa kurang, Anda dapat menambahkannya dengan mudah melalui repository yang tersedia.

Selain memiliki berbagai macam kelebihan, sistem operasi Linux juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa kekurangan OS Linux antara lain :

Sulit dipakai bagi yang belum terbiasa
Banyak orang beranggapan bahwa program Linux sulit untuk dijalankan, sehingga mereka mengira bahwa Linux hanya digunakan oleh para Hacker di dunia. Jika kita, anda masih awam tentang Linux, anda tak perlu khawatir karena banyak Linux yang diperuntukan bagi pemula yang dapat anda cari di Internet.

Proses pemasangan OS Linux tidak semudah OS Windows
Proses pemasangan sistem operasi Linux lebih sulit dari Windows. Jika anda tidak berhati-hati, anda harus benar-benar merelakan data yang ada di dalam komputer anda. Admin disini sudah merasakan dua kali kehilangan data karena melakukan instalasi sistem operasi Linux karena kurang ketelitian.
 

Software dan Hardware yang kurang mendukung  
Dukungan Software (Perangkat Lunak) dan Hardware (Perangkat Keras) bisa dibilang kurang, terkadang ini membuat para pengguna sulit untuk menemukan Software dan Hardware yang menunjang kebutuhan mereka. Jika ingin melihat daftar-daftar hardware yang mendukung linux silahkan dilihat di www.linux-drivers.org atau www.linuxhardware.org/.

Harus teliti dalam mempelajari OS Linux  
Dibutuhkan kecermatan untuk mempelajari sistem operasi Linux secara keseluruhan. Karena struktur direktori dan hak akses yang dimiliki Linux masih cukup membingungkan bagi para pengguna baru OS Linux. 

Tidak bersifat “Friendly User”
Linux sifatnya tidak “friendly user”. Sehingga kebanyakkan orang yang mencoba mengoperasikan sistem operasi Linux mengalami kesulitan.

Linux kurang terkenal di bandingkan Windows                    
Linux kurang terkenal di bandingkan dengan sistem operasi Windows. Sehingga sedikit orang yang memilih sistem operasi Linux ini. Misalnya di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia sistem operasi yang dikenalkan dan di ajarkan kepada para siswa adalah sistem operasi Windows. Sehingga umumnya di kalangan pelajar merasa asing dan tak kenal dengan sistem operasi Linux. Serta mereka tidak bisa mengoperasikan sistem operasi Linux karena tidak di ajarkan di sekolah.

Program atau Aplikasi yang terdapat pada Linux belum sebagus WindowsProgram atau Aplikasi yang terdapat pada OS Linux belum sebagus aplikasi yang terdapat pada OS Windows.
 
Kurang mendapat dukungan dari beberapa produsen
Linux kurang memiliki dukungan dari produsen perangkat keras dalam hal penyediaan perangkat lunak pengendali (driver). Hampir semua perangkat lunak pengendali yang saat ini ada di Linux merupakan hasil jerih payah komunitas, dan sebagian kecil murni dukungan dari produsen perangkat keras.

Kurang mendukung untuk dibuat game
Linux masih kurang didukung oleh beberapa pembuat permainan. Kebanyakan permbuat permainan masih menggunakan sistem operasi Microsoft Windows sebagai platform mereka.
Meskipun di anggap sulit, Linux sudah mendapat dukungan dari berbagai Vendor besar teknologi seperti Dell, Intel, Oracle dan berbagai perusahaan besar lainnya. Bila anda masih ragu untuk menginstal Linux pada perangkat anda, anda dapat menggunakan aplikasi Virtual Box untuk menghindari kehilangan data pada komputer anda.

Fitur-fitur yang terdapat pada Linux :
  • Multitasking
Yaitu beberapa proses dalam dijalankan pada suatu saat.
  • Multiuser 
Yaitu beberapa user di mesin yang sama pada suatu saat.
  • Multiplatform 
Yaitu sistem operasi Linux berjalan di banyak CPU berbeda.
  • Multiprocessor 
Mendukung SMP (Symmentric Multiprocessing) untuk intel dan SPARC dan platform lain.
  • Mode Protected 
Berjalan pada mode proteceted intel x86.
  • Memenuhi IEEE POSIX.1 
Linux kompatibel dengan banyak standar UNIX di tingkat kode sumber, IEEE POSIX.1 serta fitur-fitur system V dan BSD.
  • Proteksi Memori 
Mempunyai proteksi memori sehingga bug di satu program tidak menyebabkan seluruh program down.
  • Demand Page Loaded Executable 
Mengimplementasikan demand paging loading executable.
  • Shared Copy on Write Pages Antara Executables 
Banyak proses dapat menggunakan memori yang sama. Saat satu program mencoba menulis memori tersebut. Page (4 Kb memori) yang berbeda ini baru disalin ke suatu tempat.
  • Virtual Memori
Virtual memori menggunakan sistem paging (disk-paging).
  • Unified Memori Pool 
Mengimplementasikan unified memori pool untuk program disk chace.
  • Dynamically Linked Share Libraries 
Mengimplementasikan dynamically linked share libraries.
  • Post-Mortem Analysis untuk Debugging 
Memungkinkan menggukan debugger pada program tidak hanya selama program berjalan tapi juga setelah program mengalami crash.
  • iBCS2 (iBCS2-complaint emulation module) 
Dengan modul emulasi yang memenuhi iBCS2, kebanyakkan kompatibel dengan SCO,SVR3 dan SVR4 di tingkat biner.
  • Kode Sumber Bebas 
Semua kode sumber yang ada tersedia, termasuk kernel dan driver, sehingga memudahkan pengembangan program user.
  • POSIX Job Control 
Digunakan pada shell csh dan bash.
  • Customized-Keyboard 

Mendukung keyboard dari berbagai negara.
  • Multiple Virtual Consoles 
Beberapa sesi login independen dengan konsol.
  • Memenuhi IEEE POSIX.1 
Linux kompatibel dengan banyak standar UNIX di tingkat kode sumber, IEEE POSIX.1 serta fitur-fitur system V dan BSD.
  • Mendukung Beragam File System 
Hampir semua file system dapat diimplementasikan.
  • Pengaksesan Transparan ke Partisi MS-DOS 
Untuk mengakses partisi MS-DOS tidak dibutuhkan sistem file khusus dan juga tidak memerlukan perintah khusus untuk menggunakan partisi MS-DOS.

  • Implementasi TCP/IP Networking 

Untuk jaringan TCP/IP cukup lengkap.
  • Mendukung sistem file HPFS-2 read only untuk OS/2.
Sistem berkas HPFS pertama kali diperkenalkan dengan OS/2 1.2 untuk mengizinkan akses lebih besar hard drive yang kemudian muncul di pasar yang lebih besar. Selain itu, ini diperlukan untuk sistem berkas baru untuk memperluas sistem penamaan, organisasi dan keamanan untuk kebutuhan tumbuh pasar server jaringan. HPFS mempertahankan organisasi direktori FAT, tetapi menambahkan penyortiran otomatis direktori berdasarkan nama file

  • Dapat membaca sistem file CD-ROM

Bisa membaca file-file yang beranekaragam yang disimpan di CD-ROM.



Kesimpulan

Linux adalah suatu system operasi yang bersifat multi user dan multi tasking, yang dapat berjalan di berbagai platform, termasuk prosesor INTEL 386 dan yang lebih tinggi, Sistem ini mengimplementasikan standard POSIX. LINUX dapat berintroperasi secara baik dengan system operasi lain, termasuk Apple, Microsoft, dan Novell.
Linux dibuat oleh seorang mahasiswa Universiti Helsinki, Filandia, Linus Benedict Torvalds. Linux disusun berdasarkan standard system operasi POSIX, yang diturunkan berdasarkan fungsi kerja Unix dan bersifat Free.

Referensi

http://www.iyungtux.web.id/2015/01/pengertian-dan-definisi-linux.html
http://www.putusujane.id/2016/06/kelebihan-dan-kekurangan-os-linux.html
http://bangbiw.com/contoh-kelebihan-dan-kekurangan-linux/

 





 

 









Comments