INOVASI SI & NEW TECHNOLOGY



Sejarah Perkembangan Windows


Kehidupan manusia tidak lepas dengan hadirnya teknologi, dimana pada era modern ini teknologi sudah semakin berkembang pesat. Tidak halnya dengan perkembangan perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), maupun alat komunikasi. Perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), serta brainware merupakan tiga komponen penting dalam komputer. Komputer merupakan suatu alat/benda yang sering dipakai oleh manusia. Dengan hadirnya komputer pekerjaan manusia menjadi lebih mudah, efektif, serta efisien tidak seperti dulu yang terbilang lebih lama karena belum canggihnya teknologi seperti sekarang ini, sehingga pekerjaan tersebut menjadi lama, tidak efektif serta tidak efisien. Setiap komputer mempunyai sistem operasi tersendiri, tanpa adanya sistem operasi maka komputer tidak akan berjalan dengan baik. Ada banyak macam sistem operasi pada komputer, salah satunya adalah windows.
Kelebihan windows yang berbasis Graphical User Interface (GUI) yaitu sistem operasi antar muka yang menggunakan menu grafis, sehingga membuat para pemakai merasa mudah dan nyaman dalam menggunakannya. Jadi tidak heran jika windows menjadi sistem operasi yang sangat populer untuk saat ini. Awal mula, windows pertama kali didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tahun 1975 yang dikembangkan oleh Microsoft. Banyaknya pemakai atau peminat yang menggunakan sistem operasi ini membuat windows selalu memperbarui ke versi yang terbaru. Logo pada windows pun mengalami perubahan, namun bukan hanya pada tampilan saja yang mengalami perubahan, tetapi fitur-fiturnya juga mengalami perkembangan dan semakn canggih. Berikut versi windows dari masa ke masa :

1. Windows 1.0



Ini merupakan windows keluaran pertama yang berbasis Graphical User Interface (GUI). Windows versi 1.0 ini dirilis pada tanggal 10 November 1983 oleh Microsoft Corporation. Windows 1.0 terbilang memiliki tampilan yang masih sederhana. Karena fitur-fiturnya masih standard tentu kapasitas memory yang disediakan pun tidak besar.

2. Windows 2.0


Windows versi 2.0 ini resmi dirilis pada tanggal 9 Desember 1987. Kelebihan windows versi ini dari versi sebelumnya ialah sudah mendukung kartu grafis dengan spesifikasi VGA. Selain itu, windows 2.0 juga sudah mendukung penggunaan prosesor Intel 80286.




3. Windows 2.1






Windows versi 2.1 dirilis pada tanggal 27 Mei 1988. Pada versi ini tidak jauh berbeda dengan versi windows yang sebelumnya yaitu versi 2.0, hanya saja pada windows versi 2.1 sudah dapat menggunakan fitur yang spesifik yaitu dengan prosesor Intel 80286 dan 80386, dan yang terpenting diperlukannya harddisk untuk menginstall windows versi ini.

4. Windows 3.0

 
Versi ini merupakan versi ketiga sistem operasi yang berbasis Graphical User Interface (GUI) yang resmi dirilis pada tanggal 22 Mei 1990. Perubahan yang terdapat pada versi ini ialah sudah dapat menggunakan memori dengan kapasitas di atas 640 KB.

5.  Windows 9.5



Versi ini dirilis pada tanggal 24 Agustus 1995. Pada versi ini terdapat perubahan yang signifikan yaitu menggabungkan antara MS DOS dengan Microsoft sehingga membuat tampilannya berbeda dengan versi windows sebelumnya, terutama pada dekstop serta menu start dengan logo yang berbeda.

6. Windows 9.8


Windows 9.8 merupakan versi untuk mengembangkan kekurangan yang terdapat pada windows 9.5, yang dirilis pada tanggal 25 Juni 1998. Perubahan yang terlihat pada versi ini ialah adanya dukungan USB, Plug And Play serta adanya Internet Explorer versi 4.0.

7. Windows 2000


Versi ini merupakan pengembangan dari versi windows NT. Versi ini dirilis pada tanggal 17 Februari 2000. Perubahan yang terlihat pada versi ini ialah adanya fitur-fitur terbaru seperti Image Preview, serta Browse explorer versi terbaru yaitu versi 5.0. 

8. Windows XP



Windows XP dirilis pada tanggal 25 Oktober 2001. Windows XP banyak mengalami perubahan bukan hanya pada logo windowsnya saja tetapi pada tampilan desktop, start menu, serta task bar.

9. Windows Vista


Windows vista dirilis pada tanggal 30 Januari 2007 untuk kalangan rumahan. Windows vista merupakan penerus windows XP, ada beberapa perubahan tampilan salah satunya logo yang terdapat pada start menu, namun sayang fitur-fitur yang terdapat pada windows vista terbilang masih terdapat banyak bug, sehingga kinerjanya pun menjadi lambat. Sehingga pada saat itu para pengguna windows lebih memilih menggunakan windows XP. Bisa dibilang windows vista sebagai penerus windows XP yang gagal.

10. Windows 7


Pada tanggal 22 Oktober 2009, windows 7 ini resmi dirilis untuk publik. Windows 7 ini melakukan pengembangan yang bertujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi. Windows 7 tidak jauh berbeda dengan windows vista, hanya saja windows 7 terdapat menu "Shut Down" sehingga lebih mudah untuk mematikan atau merestart komputer. Windows 7 merupakan versi windows terakhir yang masih menggunakan menu Start Tradisional.

11. Windows 8 & 8.1

 

Microsoft merilis windows 8 ini pada tanggal 26 Oktober 2012. Bagian yang paling terlihat perubahannya ialah tampilan pada dekstop yang lebih fleksibel dengan Start Screen serta Life Tiles, dan tampilan logo windows terbaru. Perbedaannya windows 8 dengan 8.1 adalah pada windows 8 tidak terdapat menu start maka windows kembali hadir dengan versi 8.1 yang terdapat menu start.

12. Windows 10



Windows 10 dirilis pada tanggal 29 Juli 2015 yaitu sekitar 2 tahun yang lalu. Windows 10 dirancang untuk memperbaiki kekurangan dalam antarmuka pengguna dekstop yang terdapat pada windows 8. Yang paling terlihat yaitu pada bagian Start Screen windows 10 dapat diatur besar kecilnya tidak seperti windows 8 yang memenuhi layar dekstop. Windows 10 ini banyak diminati oleh para pengguna windows karena tampilannya yang menarik serta fitur-fiturnya yang semakin canggih, seperti sudah mendukung voice & gesture.




Kesimpulan :


Dapat disimpulkan bahwa seiring berjalannya waktu, perkembangan windows ini sangat terlihat jelas. Seperti adanya fitur Plug And Play yaitu untuk memudahkan installasi sehingga dapat terkonfigurasi dengan baik yang mulai ada sejak windows 9.8, lalu ada juga fitur USB yang mulai ada sejak windows 9.8, serta fitur Start Screen dan Life Tiles yang mulai ada sejak windows 8 & 8.1, dan pada windows 10 yang sudah mendukung fitur voice & gesture. 
Dari banyaknya versi windows, ada beberapa versi yang masih banyak dipakai untuk saat ini, seperti windows XP, windows 7, windows 8 & 8.1 serta windows 10. Namun harus kita akui, memang windows 10 lah yang banyak diminati. 



Mungkin windows akan lebih gahar atau lebih canggih lagi, jika ia mengeluarkan versi terbaru seperti adanya kunci keamanan dengan sidik jari (fingerprint), atau mungkin fitur anti malware yang menyebabkan kehilangan atau kecurian data, mungkin itu terlihat lebih baik.
Dikarenakan windows seringkali terserang virus, seperti halnya malware. Sehingga banyak pengguna windows yang memasang anti virus di komputernya.



Referensi :
https://www.barisan.info/perkembangan-sistem-operasi-windows-dari-awal-sampai-sekarang/
https://id.wikipedia.org/wiki/
http://tekno.kompas.com/read/2015/07/31/21020057/Transformasi.Tombol.Start.dari.Windows.95.hingga.Windows.10


Comments