PERBEDAAN BAHASA INGGRIS USA DAN UK


Bahasa inggris merupakan bahasa international yang dipakai oleh seluruh negara di dunia. Di Indonesia sendiri pun anak-anak usia 5 tahun bahkan dibawah 5 tahun pun sudah diajari bahasa inggris, ntah itu di lingkungan rumah atau di lingkungan sekolah. Dalam bahasa inggris sendiri terbagi menjadi 2 kategori yaitu USA dan UK. Keduanya pun memiliki perbedaan, perbedaan yang sangat terlihat yaitu cara pelafalan mereka. Namun bukan hanya itu saja, lalu apa saja perbedaan antara keduanya?

Perbedaan yang pertama adalah kosa kata (vocabulary), dalam pelajaran di sekolah pada umumnya lebih banyak menggunakan bahasa Inggris British. Misalnya dalam bahasa Inggris British : Football, biscuit, shop. Sedangkan dalam bahasa Inggis Amerika : Soccer, cookie, store.

Perbedaan yang kedua adalah perbedaan dalam ejaan (spelling). Bahasa Inggris British cenderung mempertahankan ejaan kata yang sebenarnya dari Perancis, sedangkan Inggris Amerika mengeja kata dengan lebih mendekati cara mereka melafalkannya serta menghilangankna huruf-huruf yang tidak diperlukan. Contohnya dalam bahasa Inggris British : Colour, labour, centre, defence. Sedangkan dalam bahasa Inggris Amerika : Color, labor, center, defense.

Perbedaan yang ketiga adalah pelafalan (pronounciation) sebagai contohnya dalam bahasa Inggris Amerika kata can dan can’t terdengar sangat mirip, sedangkan dalam bahasa Inggris British anda bisa membedakan secara jelas. Banyak orang Amerika memiliki kecenderungan untuk melakukan pengurangan kata dengan menghilangkan beberapa huruf. Kata “facts” misalnya dalam bahasa Inggris Amerika dilafalkan sama dengan kata “fax” - “t” tidak diucapkan. Sedangkan dalam bahasa Inggris British huruf yang dihilangkan seperti dalam kata “secretary”, dimana huruf “a” tidak diucapkan.
Dalam bahasa Inggris Amerika, kombinasi huruf “cl” dalam kata seperti “cling”, “climat”, “club” dll, kedengaran lebih frikatif. Anda dapat menghasilkan bunyi ini dengan menegangkan pita suara. Penekanan kata terkadang juga berbeda. Contoh, kata “details” mendapatkan penekanan pada huruf “e” dalam Inggris British dan pada “ai” dalam Inggris Amerika.

Referensi :

https://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/bahasa-inggris/perbedaan-inggris-british-dan-inggris-amerika.aspx

Comments